Minggu, 20 Agustus 2017

Pelatihan WikiDPR #DayTwo

Assalamualaikum Wr. Wb.

Postingan kali ini saya akan membahas tentang Pelatihan hari kedua WikiDPR tanggal 13 Agustus 2017. Pelatihan diadakan di tempat yang sama dan naik kendaraan yang sama, bedanya tanpa sengaja saya ketemu temen seperjuangan di WikiDPR. Meskipun baru kenal di hari pertama karna sekelompok FGD, tapi kita serasa udah kenal lama, akrab gimana gitu hahaha…

Kegiatan pertama adalah pertanyaan mengenai tugas yang diberikan pada pelatihan hari pertama, yaitu kain penutup mata dan catatan komisi favorit beserta pimpinan dan anggotanya. Oiya setiap pertemuan kita dikasih tugas, tugasnya nggak berat kok tujuannya juga baik buat mempermudah kita ke depannya. Nah buat yang nggak bawa kain penutup mata tadi diminta maju ke depan, mereka dihukum untuk merangkai kata seperti sebelumnya. Tema request kali ini adalah radikal. Asli hukuman kali ini berhasil bikin ngakak semua peserta, susunannya itu yang wow banget hahaha

Setelah games, kita lanjut ke kegiatan kedua adalah pemberian materi yang disampaikan oleh kak Ananda mengenai Makro Ekonomi. Ini materi yang bisa dibilang “saya” banget, karna berkaitan dengan latar belakang pendidikan saya. Materi ini paling gokil, paling banyak pertanyaan dan paling membuat mahasiswa berpikir kritis saat dijelaskan mengenai APBN. Pada materi kali ini kita kembali dibuat kelompok untuk FGD mengenai perhitungan cash flow. Kelompok saya saat itu ada Nanda, Aji, Khairunisa, Ken, Elcy, Anisa, satu lagi cowok tapi lupa nama dan orangnya yang mana. Semua kelompok diberikan selembar kertas anggaran-anggaran yang harus kita tentuin sendiri mana kas masuk dan mana kas keluar. Terus ada selembar kertas yang isinya total kas masuk, total kas keluar, total bersih arus kas, dan financing. Uniknya dari 8 kelompok nggak ada yang bener isinya, termasuk saya yang bidangnya Ekonomi dibuat terkecoh sama pos-pos kasnya. Dan lucunya, setelah semua selesai dan dibandingkan hasilnya, kata Tutornya “Kalian nggak perlu panik. Ini yang biasa terjadi di persidangan DPR saat membahas APBN”. Serentak semua peserta ketawa kalau ternyata kita lagi simulasi yang nantinya akan kita hadapkan saat meliput di persidangan hahaha

Sumber: Instagram @WikiDPR

Lanjut kegiatan ketiga adalah pemberian materi yang disampaikan oleh kak Marsya mengenai live tweet. Ini merupakan materi terpenting, karna ini pekerjaan utama seorang relawan WikiDPR. Kita diajarkan untuk penulisan format yang baik dan benar. Awal lihat formatnya sempat bingung sendiri karna ternyata lumayan rumit. Setelah itu juga ada simulasi, semua peserta hanya bisa tweeting apa yang mereka tangkap, karna pembacaan pidato rapatnya itu cepet bangeeett…setelah itu semua hasil tweet di review. Masih banyak peserta yang penulisan formatnya salah karna kesulitan untuk adaptasi, tapi juga nggak sedikit yang di review bagus sama editornya. Pokoknya ini momen buat melatih konsentrasi dan kesabaran.

Sumber: Instagram @WikiDPR

Berikutnya kegiatan keempat adalah pemberian materi yang disampaikan oleh kak Ismi mengenai rangkuman rapat. Jadi setelah kita live tweet dan fokus di persidangan, tugas kita belum selesai sampai di situ. Setelah itu kita akan dikirim oleh pihak editor chipstory hasil twitting. Rangkuman rapat ini juga ada formatnya, nggak main kopas gitu aja dari chipstory. Serunya lagi diakhir rangkuman akan terlampir nama inisial kita yang nantinya bissa kita jadiin portofolio penunjang kerja. Belum lagi jika lolos ke tahap editor dan publikasi di web WikiDPR, itu bakal jadi kebanggaan tersendiri, khususnya saya yang termasuk minoritas dari semua jurusan para relawan WikiDPR. Acara nggak berakhir gitu aja, kali ini kita dikasih tugas lagi. Apa itu tugasnya? Yup! Kita diminta buat rangkuman rapat yang chipstorynya dikirim via email, kali ini kita udah dikelompokkan berdasarkan Penanggung Jawab (PJ). Jadi semua kesulitan saat kita mengerjakan rangkuman bisa kita tanya ke PJ. 

Sumber: Instagram @WikiDPR

Keep learn and share

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Pelatihan WikiDPR #DayOne

Assalamualaikum Wr. Wb.

Postingan kali ini saya akan membahas tentang Pelatihan hari pertama WikiDPR tanggal 12 Agustus 2017. Pelatihan hari pertama ini diadakan di Jalan Ciasem I, Kebayoran Baru. Perjalanan dari rumah ke sana, saya naik kereta dari stasiun Jatinegara, lalu transit di stasiun Manggarai ke jalur 6 untuk naik kereta arah Depok-Bogor. Saya turun di stasiun Duren Kalibata. Dari stasiun kita bisa naik grab dengan tarif sekitar 10ribu (bukan jam sibuk) atau naik kopaja 57 dari pintu keluar sebelah kanan saat kita turun dari kereta. Perjalanan kurang lebih 20 menit, lalu turun di Woltermonginsidi. Dari situ masih harus berjalan kaki, sekitar 2km.

Sesampainya di sana baru beberapa orang yang udah dateng. Setelah nunggu 30 menitan (maklum kepagian haha) acara baru dimulai. Acara dibawakan oleh kak Marsya dan kak Marwan. Kegiatan pertama adalah introduce yourself, kita diminta sebutkan nama, asal kampus, jurusan, dan darimana tau informasi WikiDPR. Setelah semuanya selesai, kita lanjut games, kata kakak-kakaknya supaya nggak hanya kenalan formal tapi masing-masing juga jadi kenal lebih jauh (jangan kebablasan yak, bisa cinlok yang ada wkwk).

Games pertama dibagi menjadi sepuluh kelompok, aturan permainannya adalah peserta harus menyusun barisannya dari rendah ketinggi dan mengubah posisi banjar dari kanan menjadi kiri tanpa ada suara dengan waktu yang singkat. Games kedua masih dengan kelompok yang sama, namun aturannya barisan disusun sesuai ukuran sepatu terkecil sampai terbesar lagi-lagi tanpa suara dan hanya boleh dengan isyarat. Games ketiga, ini games yang cukup ribet, aturannya barisan harus disusun sesuai dengan jumlah abjad huruf nama masing-masing dari terdikit sampai terbanyak. Di games ini terjadi kericuhan, karna waktunya yang sedikit, kita dibuat sibuk ngitungin abjad haha. Sayangnya kelompok saya kalah, kami dihukum maju ke depan dan harus merangkai kata dengan tema yang disebutkan teman-teman, setelah 2 kali percobaan kita nggak berhasil, akhirnya tema ketiga tentang bully, kita baru bisa lolos dan dikasih duduk. Oiya satu tim saya itu ada Hellen, Silvia, Icha, kak Tita, dan Rio. Cukup sukses bikin ngakaknya di pembukaan acara hahaha…

Kegiatan kedua adalah pemberian materi yang disampaikan oleh kak Narwastu mengenai pengenalan apa itu WikiDPR, latar belakang didirikannya, siapa foundernya, apa visi dan misi, serta proses kerja para relawan.

Sumber: Instagram @WikiDPR

Setelah itu kita disuguhkan snack dan minum sebelum lanjut ke materi berikutnya. Kegiatan ketiga adalah pemberian materi yang disampaikan oleh kak Marwan mengenai pengetahuan dasar tentang DPR. Mulai dari Alat Kelengkapan Dewan (AKD), bagian-bagian yang ada pada komisi I hingga komisi XI, 4 fungsi DPR, dan khususnya membahas salah satu fungsi DPR sebagai badan legislasi. Setelah materi ini kita dibenruk kelompok baru. Tebak hayoo untuk apa?

Sumber: Instagram @WikiDPR

Yup! Kali ini bukan untuk games, tapi Focus Group Discussion (FGD). Menurut saya ini momen yang paling menarik. Why? Karena masing-masing anggota tim diminta untuk mengajukan RUU yang idenya murni dari apa yang kita pikirkan dan terjadi disekitar kita. Satu tim 8 orang, tim saya terdiri dari Andre, Nanda, kak Fajri, Hadi, kak Rey, Rahmat, dan kak Widia. Ceweknya limited edition, karna hanya ada saya dan kak Widia hahaha…

Dari 8 orang tersebut kita diminta untuk memprioritaskan 3 RUU yang akan kita ajukan. Alhamdulillah RUU saya salah satunya, mungkin karna saya mengangkat tema yang saat itu sedang marak diperbincangkan, yaitu kasus bullying. Masing-masing kelompok menyebutkan RUU rancangannya dan menjelaskan alasan 3 prioritas RUU yang dipilih, yang menarik di sini adalah saya sempat kaget mendengar pernyataan RUU yang dibuat oleh beberapa kelompok. Mereka benar-benar mengambil tema yang bahkan saya bertanya-tanya, “ternyata gitu toh…”. Saya jadi belajar banyak hal di sini, baru satu hari pelatihan saya sudah mendapat banyak manfaat, mulai dari sekitar 70 teman dari seluruh Universitas di Jabodetabek, bahkan ada yang di luar Jabodetabek, saya dapet ilmu yang nggak saya dapet di perkuliahan, dan serunya lagi saya jadi tau kehidupan nyata para anggota DPR sekaligus rekam jejak kinerja mereka. Pokoknya masih banyak lagi pengalaman berharga yang nggak bisa kalian dapat dimanapun.

Sumber: Instagram @WikiDPR
Buat yang kepo mengenai proses pendaftaran dan perjuangan saya bisa ada di sini, bisa dicek di sini let's join

Keep learn and share

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Proses Pendaftaran WikiDPR

Assalamualaikum Wr. Wb.
Postingan kali ini saya akan membahas tentang Proses Pendaftaran WikiDPR. Awalnya saya tau informasi WikiDPR melalui search engine di instagram dengan keyword “volunteer”, “oprec”, “open recruitment”. Lalu tertangkap sebuah flyer yang sedang open recruitment volunteer. Saya langsung mencari tau melalui akun instagram dan twitternya. Setelah mempelajari lebih jauh, saya mulai coba mencari cerita pengalaman-pengalaman para volunteer batch sebelumnya. Hasilnya membuat saya semakin tertarik untuk ikut bergabung. Saat itu pendaftaran dibuka sejak tanggal 7 Juli – 7 Agustus 2017. Berhubung saya baru mengetahui informasi tersebut H-3, jadi saya baru bisa memenuhi semua form setelah H-1. For more info, click wikidpr.org 

Sumber: Instagram @WikiDPR
Pada website tertera informasi bahwa hasil seleksi akan diumumkan pada tanggal 8 Agustus 2017 dan akan dihubungi melalui email dan sms. Seharian saya harap-harap cemas, sampe jam 17:00 belum juga ada kabar. Saya hanya bisa berserah diri, saya berpikir mungkin belum rejeki. Namun Allah SWT punya rencana lain. Alhamdulillah sekitar jam 20:00 saya dihubungi oleh kak Indah selaku Co-Founder dan kak Akmal selaku Koordinator Lapangan WikiDPR. Saya dinyatakan telah diterima sebagai Relawan WikiDPR Angkatan ke-11. Saat mendapat pesan melalui email dan sms rasanya nggak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Setelah jatuh bangun mencoba magang kesana kemari tapi semua tempat magang sudah penuh dan nggak ada yang available untuk jadwal liburan saya. Selain itu, usaha untuk melamar kerja mulai dari full time, part time, sampai freelance. Sayangnya setiap kali mendapat panggilan, saya masih UAS di awal Agustus, sedangkan mereka meminta saya untuk mulai bekerja di awal bulan. Setelah semua perjuangan yang saya coba, saya tetap berusaha dan selalu berpikir “Ingin saya isi apa liburan saya kali ini?”, karna saya selalu merasa sayang jika tidak memanfaatkan waktu 4 minggu untuk kegiatan bermanfaat.  Tanpa patah semangat saya mencoba untuk mendaftar lowongan volunteer. Alhamdulillah saya diterima semuanya dengan seleksi yang cukup menegangkan. Sejak itu saya berpikir, Allah SWT selalu punya rencana yang indah untuk kita. Bahkan yang nggak kita bayangkan sekalipun. Selalu bersyukur adalah kunci utamanya…. Keep learn and share

Minggu, 16 Juli 2017

Penulisan Ilmiah Universitas Gunadarma

Assalamualaikum Wr. Wb.

Postingan kali ini saya akan membahas tentang Penulisan Ilmiah (PI). Penulisan Ilmiah (PI) adalah salah satu syarat mahasiswa Gunadarma untuk bisa menempuh jalur Skripsi. PI merupakan penulisan pra Skripsi yang dijalankan pada semester 5 bagi mahasiswa Fakultas Ekonomi dan semester 6 hingga 7 bagi mahasiswa Fakultas Teknik. PI ini sendiri bertujuan untuk mengganti program magang dengan Penulisan Ilmiah agar mahasiswa terbiasa dan semakin terlatih dengan Penulisan Ilmiah. PI diawali dengan pengumuman jadwal pertemuan Dosen Pembimbing di website BAAK Gunadarma. Biasanya jadwal tatap muka PI baru berlangsung pada minggu ketiga perkuliahan di awal semester 5. Pertemuan awal dengan Dosen Pembimbing umumnya langsung diminta untuk mengajukan judul yang diinginkan mahasiswa. Masing-masing Dosen Pembimbing punya cara yang beda untuk membimbing mahasiswanya, termasuk acc judul. Awal pengajuan judul saya dan teman teman satu bimbingan ditolak, kami diberi waktu malam itu juga untuk mengajukan judul baru. Semua panik kelimpungan, karena judul kami dianggap sudah biasa. Perwakilan dari kami akhirnya ada yang ditunjuk sebagai koordinator untuk pengumpulan judul melalui email. Keesokan harinya kami langsung mendapatkan balasan acc judul. Kami langsung diminta untuk membuat Bab I dan Bab II pada pertemuan berikutnya. Lalu kami revisi, dan diminta untuk lanjut bab berikutnya. Begitu seterusnya sampai akhirnya kami diacc untuk mendaftar Sidang.
Alhamdulillah semua berjalan lancar, kurang lebih 3 bulan satu tim bimbingan menyelesaikan semuanya sampai Sidang dan acc kelulusan. Berikut prosedur pengurusan PI setelah Sidang:
  • Setelah Sidang, biasanya semua mahasiswa akan menerima surat revisi dari Dosen Penguji. Dalam surat tersebut terdapat daftar kesalahan-kesalahan yang harus diperbaiki, batas waktu revisi, serta nama dan kontak Dosen Penguji.
  • Setelah memperbaiki revisi, sebaiknya mahasiswa secepatnya menemui Dosen Penguji untuk mengajukan hasil revisi agar surat revisi diacc secepatnya.
  • Setelah surat revisi diacc, mahasiswa diminta untuk hardcover hasil PI yang telah diacc dan upload PPT Sidang melalui akun studensite di menu Perpustakaan.
  • Setelah hardcover dan upload PPT, maka mahasiswa akan mendapat bukti verifikasi dari hasil upload PPT Sidang. Bukti tersebut diserahkan ke loket Perpustakaan kampus D depan gedung 5 untuk diverifikasi.
  • Setelah diverifikasi, mahasiswa harus meminta tanda tangan Dosen Pembimbing pada lembar pengesahan.
  • Setelah itu, mahasiswa menitipkan hardcover PI yang diselipkan dengan bukti verifikasi dan surat acc revisi di loket pendaftaran Loket 11-12 kampus D untuk meminta tanda tangan koordinator PI di lembar pengesahan.
  • Setelah itu, mahasiswa menitipkan hardcover PI di Sekretariat Jurusan kampus E di belakang gedung 1 untuk meminta tanda tangan Ketua Jurusan.  Sembari menunggu tanda tangan yang bisa seminggu bahkan dua minggu lamanya, mahasiswa bisa sembari mengupload semua PI dari Cover sampai dengan Lampiran melalui akun studensite di menu Perpustakaan.
  • Setelah semuanya selesai, mahasiswa harus melakukan verifikasi secara keseluruhan di loket Perpustakaan kampus D dengan membawa surat pendaftaran awal. Selanjutnya perpustakaan akan memberikan blanko berupa pembayaran bebas buku yang harus dibayarkan hari itu juga di Bank DKI. Setelah semuanya selesai, maka mahasiswa dapat mengambi sertifikat Setara Sarjana Muda di loket Transkrip gedung 2 lantai 1 kampus D kurang lebih bisa diambil setelah 3 bulan dari jadwal Sidang.
Saran untuk semua mahasiswa lebih memperhatikan detail penulisan nama yang terdapat pada lembar pengesahan dan memperhatikan detail setiap pengumpulan berkas. Karena pengalaman teman melakukan kesalahan, berkas tidak diurus hampir satu bulan. So, be a smart student!
Sekian postingan saya kali ini, semoga bisa membantu teman-teman yang sedang membutuhkan informasi. Keep learn and share

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Sabtu, 10 Juni 2017

Video Pelanggaran Etika Bisnis (Kelompok 7)


MONOPOLI TENDER PERUSAHAAN



KELOMPOK 7

Nama               :  Ita Andiani              (15214538)
                          Sari Pitri Yani           (1A214057)
                          Syarah Okta Rizkiani (1A214602)
                          Utami Nur Hidayati  (1A214957)
                          Vina Esly Marini       (1C214057)
Kelas               : 3EA01
Mata Kuliah    : Etika Bisnis


Sinopsis
         “Bagaimana dengan project tender kita?” tanya Eralda pada sahabatnya Marissa. Bisnis restoran saat ini diyakini sebagai salah satu bisnis yang memiliki prospek yang cerah, bahkan mampu bertahan dalam kondisi krisis. Mengingat makan dan minum merupakan kebutuhan fisiologis manusia yang harus terpenuhi. Dengan berkembangnya usaha ini membuat Eralda tertarik untuk memperluas bisnisnya dengan membuka cabang baru dengan konsep yang berbeda dari restoran sebelumnya. Dalam hal ini Eralda bekerjasama dengan sahabatnya untuk melakukan pengadaan furniture. Namun diawal pembentukan panitia, Marissa selaku CEO PT Dream Sign mencium bau-bau yang mencurigakan. Apakah sesuatu yang mencurigakan tersebut? Silahkan nikmati kelanjutan kisahnya pada channel youtube di bawah ini:

Monopoli Tender 

Kamis, 13 April 2017

Tugas Etika Bisnis 2

ANALISIS PRODUK KONSUMSI SEHARI-HARI
Saat ini kesadaran minum susu di Indonesia terbilang masih rendah dibandingkan negara-negara lain. Salah satu penyebabnya adalah adanya anggapan bahwa susu hanya penting saat bayi. Salah satu dokter spesialis anak membantah pernyataan tersebut dan mengatakan bahwa susu dapat diberikan untuk seluruh usia. Terlebih di usia anak-anak dan remaja agar pertumbuhannya optimal. Produk susu yang masih menjadi market leader di Indonesia adalah ***ra mi**. Susu ini adalah susu cair segar berkualitas tinggi yang memiliki cita rasa terbaik diantara produk susu cair lainnya karena berasal dari kesegaran dan kemurnian bahan dasar susunya.

Susu ini diproduksi oleh PT U***. Pada periode awal pendirian, Perseroan hanya memproduksi susu yang pengolahannya dilakukan secara sederhana. Namun pada pertengahan tahun 1970an Perseroan mulai memperkenalkan teknologi pengolahan secara UHT (Ultra High Temperature) dan teknologi pengemasan dengan kemasan karton aseptik (Aseptic Packaging Material). Perseroan merupakan pelopor penggunaan proses UHT dan teknik pengemasan aseptik di industri minuman di Indonesia.

Sumber: Milk

Distribusi dan Pemasaran
Perseroan memasarkan dan menjual hasil produksinya melalui berbagai jalur, seperti melalui pengecer modern (supermarket, hypermarket, minimart, dan toko-toko kelontong), pengecer tradisional (pengecer independen kecil), pedagang grosir, serta berbagai institusi di dalam negeri. Disamping itu, Perseroan juga memasarkan dan menjual hasil produksinya ke beberapa negara di Asia seperti Brunei Darussalam, Singapura, Korea Selatan, Kamboja, China, dan beberapa negara di semenanjung Arab, serta Australia dan Amerika Serikat.

Pemasaran produk ini tidak hanya melalui banner-banner, melainkan pada media cetak maupun elektronik. Salah satu media elektronik yang digunakan Perseroan untuk memasarkan produknya adalah melalui iklan di TV dan website. Pada pemasaran melalui website ini, Perseroan menyertakan artikel-artikel tentang produknya, seperti artikel mengenai alasan susu UHT lebih baik dari produk lain dan artikel-artikel lain yang dapat meningkatkan daya beli konsumen. Perseroan juga menyertakan video tentang pabrik dan proses produksinya. Video ini dapat membuat konsumen seakan-akan sedang mengunjungi pabrik dan melihat langsung proses produksi. Dengan begitu diharapkan Perseroan dapat meningkatkan kepercayaan konsumen, agar konsumen tidak beralih pada produk lain yang sejenis.

 Sedangkan untuk pemasaran melalui iklan di TV, Perseroan melakukan cara lain untuk bisa mengangkat citra produknya dengan mengadakan program aktivitas “Shake to Care”. Program ini dilakukan dengan terjun langsung ke sekolah-sekolah untuk memasarkan produknya. Shake to Care merupakan bagian dari kampanye “Make Your Move” yang memiliki visi meningkatkan kebiasaan minum susu remaja di Indonesia. Hal ini merupakan salah satu wujud kepedulian Perseroan terhadap fakta minimnya konsumsi susu di Indonesia dibandingkan negara lain. Tujuan lain dari program ini adalah mengajak remaja untuk berkontribusi pada sesama dengan cara yang unik dan menyenangkan. Remaja dapat berpartisipasi dengan membeli milkshake di bus ***ra mi** dan melakukan aksi shake (menari) dengan menggunakan teknologi VR 360, yang nantinya setiap gerakan akan dikonversikan dengan sejumlah uang yang akan disalurkan kepada Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) dan Indonesia Mengajar. Dengan adanya aksi ini diharapkan semakin banyak remaja yang minum susu sehingga nutrisi tubuh terpenuhi. Selain itu, kegiatan Shake to Care memperlihatkan kepada remaja bahwa untuk membantu sesama, mereka dapat melakukan hal-hal yang mudah dan menyenangkan. Produk ini berhasil mempertahankan reputasinya sebagai market leader susu cair di Indonesia dengan berbagai keunggulan yang dimiliki, diantaranya pemasaran iklan dengan konsep yang menarik dan harga yang sangat kompetitif untuk bersaing dengan produk sejenis di pasaran. Selain itu, Perseroan juga tidak berhenti berinovasi untuk memproduksi minuman lain dan meningkatkan mutu serta kualitasnya.

Proses Produksi
Bahan Dasar
Coklat             : Susu segar, gula, bubuk coklat, stabilizer, rasa coklat 
Strawberry      : Susu segar, gula, buah strawberry, rasa strawberry, pewarna carmine (Cl 75470) 
Mocca             : Susu segar, gula, rasa mocca, pewarna alami caramel

Bahan-bahan yang terkandung dalam kemasan dapat dipastikan tidak mengandung bahan berbahaya, karena bahan baku berasal dari susu sapi segar berkualitas yang diolah dengan menggunakan teknologi UHT (Ultra High Temperature). Susu disterilkan dengan cara dipanaskan pada temperatur ± 140ÂșC selama 3-4 detik. Dengan teknologi pengolahan UHT ini maka produk-produk minuman menjadi steril karena seluruh bakteri-bakteri yang ada, baik bakteri yang menimbulkan penyakit maupun bakteri yang merusak minuman, menjadi terbunuh. Di sisi lain, proses UHT ini tidak akan merusak atau mengurangi secara berlebihan nutrisi dan vitamin yang terkandung dalam minuman. Selanjutnya produk minuman yang sudah steril ini dikemas dalam kemasan yang terdiri dari 6 lapisan karton. Keenam lapisan karton ini terdiri dari lapisan polyethylene plastic, allumunium foil, dan kertas untuk melindungi dari sinar ultra violet, udara, dan bakteri yang mungkin akan mengkontaminasi susu. Produk ini mengandung keseimbangan nutrisi baik dari protein, karbohidrat, vitamin, dan mineral seperti kalsium, magnesium, dan forsfor. Vitamin yang terkandung meliputi vitamin A 25%,vitamin C 10%, vitamin D3 30%, vitamin K 6%, vitamin B1 30%, vitamin B2 25%, vitamin B3 15%, vitamin B5 10%, vitamin B6 20%, vitamin B12 25%. Dengan bahan baku berkualitas dan pengolahan berteknologi tinggi, Perseroan menjamin keamanan produk mulai dari proses pengolahan bahan baku hingga pengemasan.

Sumber Daya Manusia
Menurut Perseroan, sumber daya manusia merupakan mitra kerja yang menjadi faktor penentu keberhasilan Perseroan dalam mencapai tujuannya. Oleh karena itu, Perseroan senantiasa memperhatikan kesejahteraan karyawannya dengan peningkatan kemampuan dan profesionalisme SDM, serta pendayagunaannya secara optimal. Perseroan selalu menempatkan karyawannya sesuai dengan bidang dan keahliannya. Hal ini bertujuan agar karyawan dapat bekerja sepenuh hati tanpa merasa terpaksa. Peningkatan kemampuan dan profesionalisme SDM ini dilakukan melalui suatu program pendidikan dan pelatihan secara reguler, baik yang dilakukan secara internal (in-house training) maupun secara eksternal di luar Perseroan. Selain itu, penghargaan yang diperoleh Perseroan senantiasa didedikasikan untuk karyawan yang telah berkontribusi maksimal. Ini dilakukan sebagai simbol perhatian atasan kepada bawahan, agar memotivasi kerja karyawan.

Financial
Keuntungan yang diperoleh perusahaan setiap tahunnya berfluktuatif. Berdasarkan informasi laporan keuangan terakhir, Perseroan mengalami peningkatan laba penjualan bersih sebesar 11,91%. Hal ini karena Perseroan meningkatkan produksinya pada periode bersangkutan. Perseroan sendiri tidak mencantumkan harga yang digunakan untuk mengukur laba dalam penyajian laporan keuangan, dikarenakan harga di pasaran sangat variatif tergantung letak wilayah geografis konsumen dan latar belakang sosial ekonomi yang berbeda.

Berkaitan dengan Immoral, Amoral, dan Moral
Perseroan baru-baru ini dikabarkan mengalami kendala sehubungan dengan kesejahteraan Sumber Daya Manusianya. Berdasarkan sebuah informasi yang terlansir di beberapa media elektronik menyampaikan bahwa ratusan karyawan PT ULTJ mengadakan aksi demo mogok kerja pada Senin (6/2/2017). Para pekerja meminta pengkajian ulang PKB (Perjanjian Kerja Bersama) dan COS (Cash of Sistem) yang dibayarkan oleh karyawan yang bergabung dengan Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI). Para pekerja merasa keberatan perihal sistem pungutan iuran COS yang dibayarkan secara manual dan mereka merasa kecewa karena adanya diskriminasi upah antara operasional staf dan non staf, meskipun pekerjaan yang dilakukan sama. Kasus tersebut menunjukkan bahwa Perseroan (pelaku bisnis) telah melakukan tingkatan terendah dalam model etika bisnis yaitu Immoral. Berkaitan dengan Immoral, Perseroan memanfaatkan kelemahan serta kelengahan para pekerja untuk kepentingan dan keuntungan diri sendiri. Manajemen Perseroan bertindak tidak adil dengan melanggar perjanjian yang disepakati bersama dan merugikan para pihak pekerja dengan dilakukannya pungutan iuran COS secara manual. Untuk menyelesaikan kasus ini, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi menjadi penengah antar kedua belah pihak, hingga keduanya menyepakati untuk melakukan perundingan PKB pada pertengahan Februari dan terkait tuntutan pemotongan iuran anggota SPSI, masing-masing pekerja yang menjadi anggota SPSI akan membuat surat kuasa pemotongan upah di hadapan notaris, PUK SPSI PT U***, dan manajemen PT U***. Setelah ada surat kuasa, maka pemotongan upah untuk iuran SPSI dilakukan perusahaan sejak Januari 2017. Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Syarat Kerja Disnakertrans Kabupaten Bandung Barat menekankan, tidak ada pemaksaan yang akan dilakukan perusahaan kepada pihak karyawan dalam hal pembuatan surat kuasa pemotongan upah anggota SPSI itu oleh siapapun.

Sumber
U***. 2015. Laporan Tahunan Perusahaan. Bandung: Bursa Efek Indonesia.
Mujahidin, Mumu. 2017. 700 Karyawan PT U*** Menggelar Aksi Mogok Kerja. Bandung: Tribun Jabar.
Husodo, Hendro Susilo. 2017. 700 Karyawan U*** Berunjuk Rasa. Bandung: Pikiran Rakyat.
Permana, NH. Diskriminasi Upah, Ratusan Karyawan PT U***Mogok Kerja. Bandung: KBK News.
Pradana, Whisnu. 2017. Ratusan Karyawan PT U*** Demo, Ini Tuntutannya. Bandung: Galamedia News.