Minggu, 20 Agustus 2017

Pelatihan WikiDPR #DayOne

Assalamualaikum Wr. Wb.

Postingan kali ini saya akan membahas tentang Pelatihan hari pertama WikiDPR tanggal 12 Agustus 2017. Pelatihan hari pertama ini diadakan di Jalan Ciasem I, Kebayoran Baru. Perjalanan dari rumah ke sana, saya naik kereta dari stasiun Jatinegara, lalu transit di stasiun Manggarai ke jalur 6 untuk naik kereta arah Depok-Bogor. Saya turun di stasiun Duren Kalibata. Dari stasiun kita bisa naik grab dengan tarif sekitar 10ribu (bukan jam sibuk) atau naik kopaja 57 dari pintu keluar sebelah kanan saat kita turun dari kereta. Perjalanan kurang lebih 20 menit, lalu turun di Woltermonginsidi. Dari situ masih harus berjalan kaki, sekitar 2km.

Sesampainya di sana baru beberapa orang yang udah dateng. Setelah nunggu 30 menitan (maklum kepagian haha) acara baru dimulai. Acara dibawakan oleh kak Marsya dan kak Marwan. Kegiatan pertama adalah introduce yourself, kita diminta sebutkan nama, asal kampus, jurusan, dan darimana tau informasi WikiDPR. Setelah semuanya selesai, kita lanjut games, kata kakak-kakaknya supaya nggak hanya kenalan formal tapi masing-masing juga jadi kenal lebih jauh (jangan kebablasan yak, bisa cinlok yang ada wkwk).

Games pertama dibagi menjadi sepuluh kelompok, aturan permainannya adalah peserta harus menyusun barisannya dari rendah ketinggi dan mengubah posisi banjar dari kanan menjadi kiri tanpa ada suara dengan waktu yang singkat. Games kedua masih dengan kelompok yang sama, namun aturannya barisan disusun sesuai ukuran sepatu terkecil sampai terbesar lagi-lagi tanpa suara dan hanya boleh dengan isyarat. Games ketiga, ini games yang cukup ribet, aturannya barisan harus disusun sesuai dengan jumlah abjad huruf nama masing-masing dari terdikit sampai terbanyak. Di games ini terjadi kericuhan, karna waktunya yang sedikit, kita dibuat sibuk ngitungin abjad haha. Sayangnya kelompok saya kalah, kami dihukum maju ke depan dan harus merangkai kata dengan tema yang disebutkan teman-teman, setelah 2 kali percobaan kita nggak berhasil, akhirnya tema ketiga tentang bully, kita baru bisa lolos dan dikasih duduk. Oiya satu tim saya itu ada Hellen, Silvia, Icha, kak Tita, dan Rio. Cukup sukses bikin ngakaknya di pembukaan acara hahaha…

Kegiatan kedua adalah pemberian materi yang disampaikan oleh kak Narwastu mengenai pengenalan apa itu WikiDPR, latar belakang didirikannya, siapa foundernya, apa visi dan misi, serta proses kerja para relawan.

Sumber: Instagram @WikiDPR

Setelah itu kita disuguhkan snack dan minum sebelum lanjut ke materi berikutnya. Kegiatan ketiga adalah pemberian materi yang disampaikan oleh kak Marwan mengenai pengetahuan dasar tentang DPR. Mulai dari Alat Kelengkapan Dewan (AKD), bagian-bagian yang ada pada komisi I hingga komisi XI, 4 fungsi DPR, dan khususnya membahas salah satu fungsi DPR sebagai badan legislasi. Setelah materi ini kita dibenruk kelompok baru. Tebak hayoo untuk apa?

Sumber: Instagram @WikiDPR

Yup! Kali ini bukan untuk games, tapi Focus Group Discussion (FGD). Menurut saya ini momen yang paling menarik. Why? Karena masing-masing anggota tim diminta untuk mengajukan RUU yang idenya murni dari apa yang kita pikirkan dan terjadi disekitar kita. Satu tim 8 orang, tim saya terdiri dari Andre, Nanda, kak Fajri, Hadi, kak Rey, Rahmat, dan kak Widia. Ceweknya limited edition, karna hanya ada saya dan kak Widia hahaha…

Dari 8 orang tersebut kita diminta untuk memprioritaskan 3 RUU yang akan kita ajukan. Alhamdulillah RUU saya salah satunya, mungkin karna saya mengangkat tema yang saat itu sedang marak diperbincangkan, yaitu kasus bullying. Masing-masing kelompok menyebutkan RUU rancangannya dan menjelaskan alasan 3 prioritas RUU yang dipilih, yang menarik di sini adalah saya sempat kaget mendengar pernyataan RUU yang dibuat oleh beberapa kelompok. Mereka benar-benar mengambil tema yang bahkan saya bertanya-tanya, “ternyata gitu toh…”. Saya jadi belajar banyak hal di sini, baru satu hari pelatihan saya sudah mendapat banyak manfaat, mulai dari sekitar 70 teman dari seluruh Universitas di Jabodetabek, bahkan ada yang di luar Jabodetabek, saya dapet ilmu yang nggak saya dapet di perkuliahan, dan serunya lagi saya jadi tau kehidupan nyata para anggota DPR sekaligus rekam jejak kinerja mereka. Pokoknya masih banyak lagi pengalaman berharga yang nggak bisa kalian dapat dimanapun.

Sumber: Instagram @WikiDPR
Buat yang kepo mengenai proses pendaftaran dan perjuangan saya bisa ada di sini, bisa dicek di sini let's join

Keep learn and share

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar