Sabtu, 22 Agustus 2015

Verb (Kata Kerja)

Assalamualaikum Wr. Wb.

Pada postingan kali ini saya akan membahas mengenai Verb (Kata Kerja). Postingan sebelumnya saya telah memberikan sebuah paragraph Bahasa Indonesia yang diubah ke dalam Bahasa Inggris dengan bentuk Simple Present Tense dan Simple Past Tense.

Sebelum saya membahas mengenai rumusan atau ketentuan grammar dasar yang berlaku pada Simple Present Tense dan Simple Past Tense, ada baiknya saya membahas verb terlebih dahulu. Karena verb merupakan salah satu faktor utama dalam membuat sebuah kalimat.

Apa itu Verb? Verb adalah kata kerja yang menggambarkan kegiatan yang sedang kita kerjakan. Kata kerja terbagi menjadi dua, yaitu kata kerja Regular Verb dan Irregular Verb. Regular Verb (Kata Kerja Beraturan) adalah kata kerja yang memiliki perubahan yang tidak jauh berbeda dalam bentuk pertama, kedua, maupun ketiga. Sedangkan Irregular Verb (Kata Kerja Tidak Beraturan) adalah kata kerja yang memiliki perubahan yang sangat berbeda dengan bentuk pertama, kedua, maupun ketiga. Berikut contoh Regular Verb dan Irregular Verb:
Jika ingin melihat selengkapnya, kalian bisa melihat dibagian tengah kamus yang biasa terletak diantara pembatas bahasa Inggris-Indonesia dengan Indonesia-Inggris. Jika kalian ingin mudah memahaminya, kalian bisa mencoba menghafal setidaknya 25 kata dalam seminggu. Hal ini saya lakukan saat saya duduk di Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Saat itu awalnya ada tugas dari guru yang mengharuskan saya dan teman-teman menghafal 25 kata setiap minggunya. Awalnya kami merasa keberatan, tetapi guru kami mengatakan “Mungkin kalian menganggap ini menjadi beban. Tapi nanti, saat kalian berada ditingkat semakin tinggi, kalian akan merasakan manfaatnya,”. Saat ini saya benar-benar merasakan manfaatnya. Terima kasih buat semua guru yang telah memberikan tugas ini. ^-^

Postingan ini murni tulisan saya, yang saya kembangkan sendiri dari materi yang telah dijelaskan di sekolah maupun di tempat les. Sekian postingan saya malam ini, kurang lebihnya saya mohon maaf. Jika ada kekurangan yang ingin pembaca tambahkan, pembaca dapat meninggalkan komentar pada postingan ini. Terimakasih untuk ketersediaan waktunya telah membaca blog ini. Semoga tulisan ini memberikan manfaat. Aamiin :)

2 komentar:

  1. Hal ini saya lakukan saat saya duduk di Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Saat itu awalnya ada tugas dari guru yang mengharuskan saya dan teman-teman menghafal 25 kata setiap minggunya. Awalnya kami merasa keberatan, tetapi guru kami mengatakan “Mungkin kalian menganggap ini menjadi beban. Tapi nanti, saat kalian berada ditingkat semakin tinggi, kalian akan merasakan manfaatnya,”. Saat ini saya benar-benar merasakan manfaatnya. Terima kasih buat semua guru yang telah memberikan tugas ini. ^-^ kata kerja mental

    BalasHapus