Minggu, 23 Desember 2018

Nikmat Mencari Kerja

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yuhuu long time no see! Cerita kali ini mau berbagi pengalaman selama jadi jobseeker. Semoga membantu teman-teman yang membutuhkan informasi.
  1. Indonesia Indicator, salah satu perusahaan big data yang berada di kawasan Tangerang. Prosesnya: apply by jobfair kampus -> tes psikotes -> tes menganalisa dan mendeskripsikan info grafis -> tes membuat artikel -> interview. Tes ini sendiri ada yang dilakukan satu hari sekaligus ada yang terbagi menjadi dua, tergantung pemenuhan kebutuhan. Tes ini adalah tes kerja pertama yang buat saya PUSING dengan psikotesnya yang buanyaaak bangeett. Terlebih udah lama nggak think a lot setelah keasikan magang dan di lapangan selama Asian Games. Jadi udah ketebak hasilnya failed! Oiya setelah tes kita dikasih satu paket makan siang.
  2. Traveloka, tentunya kalian tau perusahaan unicorn satu ini. Prosesnya: apply by website -> data interpretation -> psikotes -> interview HR -> interview user. Tes ini paling menantang, because all of the process in english. Awalnya sempet nggak yakin dengan hasil tes pertama karna soal-soal yang diberikan terkait kasus-kasus mengenai perhitungan. Tapi ternyata saya lolos tahap pertama dan dihubungi untuk interview HR. Saya cari tau semua pengalaman orang-orang yang apply sebelumnya dan hasilnya semua bilang kalo tes ini akan bahas study case. Jadi saya hanya fokus pada contoh kasus bisnis dan pelajarin e-book dari Harvard, Columbia, dll. Pas hari H tiba, ternyata semua zooonkk! Enggak ada satupun pertanyaan terkait kasus bisnis. Langsung lemess...jadi pelajaran buat ke depannya harus prepare dengan segala kemungkinan yang ada.
  3. Tempo Scan, mungkin kedengarannya asing, tapi kalian pasti tau produknya, seperti bodrex dan hemaviton. Prosesnya: apply by jobfair UI -> computer test -> interview HR -> interview user. Ini tes komputer pertama saya, dengan modal buka lembaran baru dari mbah google. Sayangnya belum rejeki karna mentok di tes kedua, jadi computer test diadakan 2x, bahkan sampe saat ini saya masih bingung how to solve the case. Selesai tes saya cari cara pengerjaannya dan ternyata emang nggak ada. Ketika ke Gramed pun iseng baca-baca buku terkait tapi tetep nggak ada. Sampe saat ini semua masih misteri.
  4. PT Pharos, salah satu perusahaan farmasi ternama yang memiliki outlet sangat banyak. Prosesnya: apply by jobfair online -> psikotes -> final interview. Psikotesnya muanteep, soalnya lebih dari 300an dengan waktu 3-4 jam. Psikotesnya sendiri diadakan di apotek cabang terdekat sesuai domisili calon pelamar. Sedangkan untuk final interview dilakukan di pusat. Alhamdulillah saya lolos menuju final interview, namun saya tidak dapat memenuhi undangan karna sudah terikat dengan perusahaan lain.
  5. Vista Land Group, perusahaan property yang berada di kawasan Kelapa Gading. Prosesnya: apply by JS -> psikotes -> interview HR -> interview user. Ini tes pertama saya yang didapet dari laman JS sekaligus pertama kali dapet pertanyaan mengenai hal sensitif. Efek kurangnya pengalaman dan pelajarin berbagai pertanyaan interview, jadilah kejebak dengan pertanyaan itu.
  6. Majalah SWA, kalo kalian tulis ini di google, auto satu laman full berisi informasi ekonomi dan bisnis. Prosesnya: apply by email -> interview HR -> interview user -> psikotes -> offering gaji. Senin ini saya diminta ke kantor untuk offering gaji. Alhamdulillah perjalanan saya berlabuh di tempat ini. Awal tahun akan menjadi perjalanan baru dalam hidup saya. Mohon do'anya teman-teman jobseeker, semoga berkah, betah, dan lancar bekerja di Kelompok Media Majalah SWA. Aamiin 😊
  7. Berikutnya adalah salah satu startup cukup ternama. Prosesnya: apply by jobfair -> tes excel -> interview HR -> interview user. Alhamdulillah saya lolos semua tahapannya. Namun karna satu dan lain hal, saya memilih tempat lain.
  8. High Street Studio: apply by email -> psikotes -> deselection test -> skill test -> interview user. Ini tes pertama yang paling mengesankan, karna di pertengahan tes ada presentasi perusahaan, jobdesk yang dipilih, dan detail hak yang akan kita dapat selama di sana. Sistem seleksinya pun sangat ketat. Sayangnya belum rejeki, karna saya nggak bisa meyakinkan user bahwa posisi yang saya ambil dan sesuatu yang suka sangat berbeda. Jadi saya harus mengikhlaskan tahap akhir.
  9. Blue Bird Group, kalian tentu tau perusahaan berdarah biru ini. Prosesnya: apply by jobfair online -> FGD -> coming soon. Ini tes FGD pertama saya, karna pertama kalinya saya mendaftar dan mengikuti seleksi FLDP yang setara dengan MT. FGD dilakukan di Gedung Training Center Blue Bird di Cawang. Peserta yang hadir 19 orang dibagi menjadi 2 tim. Masing-masing diberikan study case personal dan tim. Kuncinya be yourself, do your best, don't to dominate. Pengumumannya 14 hari kerja dan nggak termasuk tanggal merah. Jadi pengumumannya masih minggu depan. 
  10. International Officer FEB UI, dapet infonya dari twitter CDC. Prosesnya: apply by email -> psikotes -> interview psikolog -> interview user. Setiap prosesnya berlaku sistem gugur. Tahap pertama 16 orang. Setelah itu seleksi psikotes tersisa 8 orang dengan masing-masing 4 orang untuk satu jabatan. Kemudian dilanjut interview psikolog. Setelah itu kurang lebih satu minggu dihubungi kembali untuk interview ke tahap berikutnya. Namun karna saya sudah tanda tangan kontrak dengan perusahaan lain. Saya harus merelakan untuk bisa bekerja di kampus yang pernah menjadi impian.
  11. CIPS, salah satu perusahaan think thank yang sangat menarik. Prosesnya: apply by email -> written test -> interview. Januari saya dijadwalkan untuk memulai tesnya. Namun tiba-tiba mendapat announce bahwa untuk written test dimajukan menjadi tanggal 27 Desember 2018. Dengan berat hati saya pun harus merelakan perusahaan ini karna saya sudah terikat dengan perusahaan lain.

Sekian cerita kali ini, terima kasih untuk para pendahulu yang berbagi pengalamannya di blog, karna sangat membantu di setiap proses seleksi. 

Nikmati setiap prosesnya, terus berdo'a dan ikhtiar. Percaya Allah SWT akan memberikan tempat terbaik. Semoga teman-teman jobseeker segera mendapat pekerjaan. Aamiin 😊

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar