Minggu, 20 Agustus 2017

Pelatihan WikiDPR #DayThree

Assalamualaikum Wr. Wb.

Postingan kali ini saya akan membahas tentang Pelatihan hari ketiga WikiDPR tanggal 19 Agustus 2017. Pelatihan hari ini langsung dibuka dengan games, pemanasan yang bikin otak fresh. Gamesnya adalah menentukan bagian-bagian yang ada pada Alat Kelengkapan Dewan (AKD) di DPR. Lagi-lagi dibagi kelompok, saat itu saya sekelompok dengan kak Andre, Ane, Khairunisa, Bella, Afifah, Iqbal, Anggun. Kita dikasih lembaran kertas semacam kartu yang sudah bertuliskan bagian-bagian dari masing-masing AKD. Aturan permainannya adalah setiap kali MC mengambil gulungan kertas, MC akan menyebutkan clue jumlah kartu dan AKDnya. Saat itu saya kelompok 5 dan letaknya nan jauh di sana (pojokan). Jadi setiap kali kita tunjuk tangan nggak pernah kelihatan sama MC, sampe akhirnya kita kompakan bilang “kita ada di sini kak, jangan anggep nggak ada” sedih gimana gitu, sampe akhirnya kakak-kakak yang di belakang ngebela kita terus. Hikmahnya adalah untung kita nggak menang, karna games kali ini buat kelompok yang menang kena hukuman. Di situ kita semua langsung elus dada, ternyata ada hikmah kita nggak dianggep hahaha…

Kegiatan kedua adalah review tugas rangkuman rapat yang disampaikan oleh kakak-kakak editor. Pada sesi kali ini kakak pembicara membandingkan hasil rangkuman rapat yang mendekati benar dan rangkuman rapat yang salah fatal. Banyak yang bertanya mengenai tweet silang, misal anggota A berpendapat, lalu anggota B menanggapi, anggota A kembali menyanggah. Nah peserta menanyakan bagaimana harus menyusun tweet silang seperti itu. Semua pertanyaan dijawab dengan sangat jelas oleh kakak-kakak editor, walaupun masih banyak pertanyaan yang nggak tertampung karna dikejar waktu.

Disela-sela materi kita kembali simulasi live tweet. Namun kali ini pembaca pidato rapat lebih santai, walaupun tetep pada keribetan sendiri. Live tweet kali ini kita juga dikelompokkan langsung dengan PJ. Jadi hasil tweet kita langsung dikoreksi. Alhamdulillah tweet saya sudah benar kata kakak PJ, hanya salah pada spasi titik dua (..) pada lanjutan di awal kalimat. Katanya tidak perlu spasi, jadi seperti ini :..abcd.

Kegiatan ketiga adalah pemberian materi yang disampaikan oleh kak Adrian mengenai survival guide. Apa itu survival guide? Awal mendengarnya banyak orang memikiran hal yang aneh-aneh. Jadi survival guide ini adalah materi tentang gimana cara kita bertahan hidup di sana. Bukan bertahan hidup karna penuh tekanan yaa hahaha. Jadi kita diajarkan rute-rute untuk memasuki gedung DPR. Mulai dari kendaraan bermotor, transjakarta, kereta, dan mobil. Kita juga dikenalkan dengan yang namanya Pamdal, mereka adalah orang pertama yang akan kita temui di depan pintu masuk. Mereka akan memeriksa identitas setiap orang yang akan masuk ke gedung DPR. Oiya gedung DPR ini sendiri juga ada banyak, ada gedung Nusantara I, gedung Nusantara II, dan gedung penyu. Jadi materi survival guide ini sangat bermanfaat, khususnya buat para peserta yang belum pernah ke sana. Selain itu kita juga di kasih denah tempat kita bekerja di ruang persidangan.

Sumber: Pribadi

Kegiatan keempat adalah pemberian materi yang disampaikan oleh kak Akmal selaku koordinator lapangan yang membahas mengenai Hak dan Kewajiban. Pembahasan kali ini bukan tentang hak dan kewajiban anggota DPR, tapi hak dan kewajiban kita sebagai relawan. Jadi kita bisa mendapatkan surat keterangan relawan jika kita sudah memenuhi minimal 10 kali live tweet dan 10 kali membuat rangkuman rapat. Jadi di sini kita benar-benar berlomba untuk bisa memenuhi syarat itu, karna maksimal satu ruangan rapat hanya bisa dihadiri 2 relawan. Dan pengisian jadwal diumumkan setiap malam jam 8 dengan sistem siapa cepat dia dapat.

Sumber: Pribadi

Taraaaa…momen yang paling ditunggu-tunggu akhirnya tiba. Apa hayooo? Yup! Pembagian ID Card! Setelah kita menandatangani Pakta Integritas dan mendapatkan ID Card, tandanya kita sudah dinyatakan resmi menjadi Relawan WikiDPR Batch 11. Alhamdulillah perjuangan tak pernah mengkhianati hasil. Sesi berikutnya adalah foto perkelompok dengan PJ dan foto bersama seluruh relawan.  Ini dia penampakan kelompok saya beserta PJ. Ada kak Alba, Elcy, Syifa, kakak PJ, Afifah, saya, Rina, Bella, Nanda, Azzam, dan Riski. 

Kelompok Terbaik
Sumber: Kak Ratna

 Batch 11 Squad

Sumber: Kak Ratna

Keep learn and share

Wassalamualaikum Wr. Wb.

1 komentar:

  1. Halo Ka utami. Ka mau nanya Kalo kita udh jadi volunteer wikidpr benefit nya apa aja Ka sharing dong Kaaa hehe makasi bnyk Ka 🙂

    BalasHapus