Sabtu, 23 Juni 2018

Keluarga Baru di CNN Indonesia

Assalamualaikum Wr. Wb.

Hai hai lanjut dari postingan sebelumnya, saat ini saya akan menceritakan kisah petualangan saya dari awal diterima sampai akhirnya saya jatuh hati dengan rekan-rekan dan lingkungan kerjanya.

Ketika dinyatakan lolos, seluruh peserta diminta untuk hadir Induction hari Senin, 19 Maret 2018. Dresscode untuk peserta Trans TV mengenakan hitam-hitam dari atas sampai bawah, sedangkan untuk peserta CNN Indonesia bebas sopan, tanpa jeans. Saat itu kami dikumpulkan di salah satu meeting room. Sesi pertama adalah perkenalan, perkenalan kali ini cukup unik. Dimana kita dituntut untuk konsen namun tetap happy. Saat itu team HRD lainnya juga ikut bermain untuk memperkenalkan nama dan posisi mereka. Pihak HRD menyediakan boneka beruang kecil yang akan dilempar ke orang yang dituju diikuti dengan alunan musik. Orang yang mendapat boneka itu akan diminta untuk menyebutkan nama, posisi, dan asal orang yang melempar boneka terlebih dahulu. Setelah itu baru boleh menyebutkan nama, posisi dan asalnya. Begitu seterusnya. Setelah sesi perkenalan berakhir, kita dikenalkan sejarah Transmedia, mulai dari pemilik, semua usaha yang dimiliki, saham, sampai semua detail penghargaan yang didapatkan. Kami juga diajarkan masing-masing poin yang harus diterapkan, baik Trans TV maupun CNN Indonesia, karna keduanya memiliki poin yang berbeda. Profil masing-masing Trans TV dan CNN Indonesia juga dijelaskan secara detail, mulai dari tahun pendirian, hingga pencapaian saat ini.  Semua materi yang disampaikan merupakan materi yang sering digunakan untuk karyawan baru. Setelah dikenalkan semua sejarah Transmedia, kita lanjut kitchen tour. Sempet banyak yang tanya ini maksudnya apa? Bukan jalan-jalan lihat dapur yang banyak kokinya yaa guys. Itu hanya istilah untuk mengetahui gimana orang-orang yang bekerja dibalik dunia pertelevisian. Ini jadi momen yang paling ditunggu-tunggu semua peserta selain edisi foto-foto diakhir. Kita diajak keliling dari lantai 6 sampai ke studio di lantai satu dan studio di gedung lain. Kenapa mulainya dari lantai 6, padahal lantainya ada 9? Itu karna lantai lainnya merupakan ruang kerja detik.com.

Kita juga diajak ke studio Brownies, Dr. Oz, dan masih banyak lagi. CNN Indonesia sendiri adanya di lantai 3 dan 3A. Lantai 3 khusus untuk CNN Indonesia.com, sedangkan lantai 3A khusus untuk CNN Indonesia TV. Setelah kita kitchen tour, seperti yang saya bilang sebelumnya, ada sesi foto-foto untuk team IDP Batch 5. Saat itu juga ada ketua kelas yang harus memikirkan slogan yang akan diucapkan ketika kita melakukan boomerang. Setelah foto-foto selesai, kita diantar pihak HRD satu-satu untuk bertemu dengan penanggung jawab masing-masing.

IDP BATCH 5
Sumber: Pribadi

Ini masa-masa yang paling penting, karna menentukan kehidupan saya selama 3 bulan! Saya di tempatkan di Divisi Business Operation, Departemen Program Operation Saat itu saya diantar Mbak F sampai ke ruangan dan ketika masuk, semua yang ada di ruangan hanya bisa kaget dan heran. Bahkan ada yang nggak percaya dan tanya berkali-kali beneran mau magang di situ, karna faktanya hanya ada 2 wanita dari belasan pria. Berhubung SPV saya saat itu udah pulang, jadi pertanyaan mereka nggak sepenuhnya terjawab. Saya inget banget pertama kali ketemu itu sama Mas Gats, Mas Put, Mbak Ev, Mas Nan, dan SPV Youtube. SPV Youtube langsung minta kontak saya untuk dihubungi langsung dengan SPV saya. Sampai akhirnya saya ditelfon dan diminta untuk menunggu Section Head ke ruangan. Setelah menunggu beberapa saat, datanglah Mr. B. Beliau yang menjelaskan pekerjaan dan tanggung jawab yang ada di ruangan. Beliau juga yang memberikan saya kesempatan untuk mempelajari semua pekerjaan yang ada di ruangan, baik pekerjaan reguler MM maupun youtube. Terima kasih banyak pak untuk kesempatan besar yang telah diberikan. Saya sangat senang banyak hal yang saya pelajari selama magang. 

Enggak hanya sampai di situ, lusa merupakan hari pertama saya bertemu SPV. Kenapa harus lusa? Bukan esok harinya? Itu karna saya full kuliah di hari Selasa, jadi sebelumnya saya udah ijin  dengan pihak HRD dan SPV saya terkait jadwal kuliah. Oiya saat itu harusnya SPV saya cuti untuk perjalanan ke Kalimantan mengantar orang tuanya yang akan berangkat Umroh. Tapi karna harus menemui saya, beliau menyempatkan datang ke kantor sebelum akhirnya terbang ke Kalimantan. Terima kasih banyak pak untuk waktu berharganya, the best of SPV! Pertemuan itu membawa saya kembali kitchen tour, namun dengan lingkup yang lebih kecil, hanya fokus ke CNN Indonesia. Ini yang paling menyenangkan, saya benar-benar dijelaskan proses pengolahan berita dari awal diperoleh sampai akhirnya dapat dinikmati oleh penonton. Saya dikenalkan dengan team News Gathering, Naskah, News Production, Programming Traffic dan RnD, Public Relation, Grafis, Voice Over, Video Editor, Backsound, MCR, Control Room, Library, bahkan sampai ke Studio on air.


Sumber: Pribadi

Semua cerita dan alur kitchen tour ini saya jelaskan secara rinci di laporan magang, karna kitchen tour kali ini dijelaskan sama SPV langsung, jadi saya yang buta tentang dunia pertelivisian jadi lebih paham. Untuk laporan magang sendiri merupakan permintaan Section Head yang selalu pantau progress saya selama di sana, jadi nggak semua tempat akan diminta laporan magang. Awalnya sempat kesulitan dengan istilah-istilah asing yang nggak pernah saya denger di perkuliahan anak Ekonomi. Tapi dari situ yang bikin saya penasaran sampe cari tau dan pelajarin semuanya sendiri di jalan, di kampus, di kantor, pokoknya diem-diem saya selalu curi waktu untuk mempelajari semuanya. Teman saya sampe heran, dia bilang "Udah tam, jangan pikirin kerjaan mulu. Ini lagi di kampus loh!" Apa daya, ketika diri ini dibayang-bayangi rasa penasaran, kejadiannya akan selalu seperti itu, nggak pandang tempat maupun waktu. Sama sekali nggak terpaksa ngelakuinnya, justru happy banget karna ada banyak hal baru yang mungkin nggak akan pernah kesentuh kalo nggak magang di sana. Banyak yang tanya kenapa pilihnya magang di media? Kan jauh dari jurusan? Hmm...kalo aja kalian tau rasanya keluar dari zona nyaman itu amat sangat menyenangkan. Pengalaman luar biasa! Yaa basically emang suka nulis dan fotografi. Dua hal yang selalu melekat dalam diri saya. Take a picture and tell your story. Thats it! Sebelumnya saya juga pernah jadi Reporter di WikiDPR selama 3 bulan. Jadi setiap feeding Koresponden yang lagi liput rapat di gedung DPR, dalam hati langsung bersyukur. Bersyukur udah melalui masa-masa di phpin dengan jadwal rapat yang hampir ngaret setiap saat. Tapi jujur itu jadi pengalaman yang tak terlupakan, buat yang penasaran sensasi dibalik layar terbentuknya suatu kebijakan wakil rakyat, kalian bisa join dengan WikiDPR ketika oprec batch berikutnya. How to join? Check this out! Proses Pendaftaran WikiDPR

Back to topic, selain buat laporan, saya juga diminta untuk mengerjakan suatu projectProject apa dan bagaimana akan saya lanjutkan besok, karna mata tak bisa lagi diajak kerjasama. See you guys, keep learn and share!

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar