Jumat, 22 Juni 2018

Berpetualang di CNN Indonesia

Assalamualaikum Wr. Wb.

Hai guys, sesuai janji saya dipostingan sebelumnya, saya akan berbagi kisah petualangan saya di tempat magang berikutnya yang nggak kalah seru dari sebelumnya. Ketika banyak yang tanya kenapa ambil magang lagi atau kenapa hobby banget capek? Sulit buat jawabnya, karna sejauh ini yang mengerti semua alasan itu hanya orang tua. Mereka yang selalu support apapun jalan yang saya pilih. Intinya, saya nggak bisa diem, sangat senang ketemu teman dan lingkungan baru, karna dengan itu saya bisa merasakan kebahagiaan sederhana untuk memahami berbagai karakter dan latar belakang orang lain. 

Singkat cerita, saat itu saya sempat menganggur satu bulan (hanya fokus kuliah, tanpa ikut kegiatan). Keadaan serba salah dimana mau coba sibuk sana sini tapi masih tunggu SK Dosen Pembimbing turun. Setelah ada kepastian, barulah saya kembali berpetualang. Saat itu saya coba apply melalui berbagai platform. Awalnya sempat drop karna tak kunjung ada panggilan, tapi saya selalu optimis. Alhamdulillah buah dari kesabaran selalu indah. Di pagi yang cerah dan penuh berkah, tiba-tiba saya menerima 3 panggilan. Panggilan pertama dari salah satu perusahaan ternama Jerman, kedua dari salah satu platform media online terbesar di Indonesia, dan ketiga dari salah TV News ternama, yaitu CNN Indonesia. Untuk yang pertama, berhubung saya masih ada kuliah reguler, jadi masih dipertimbangkan. Sedangkan yang kedua, saya tidak melanjutkan karna alasan lain. Terakhir yang ketiga, ini yang paling panjang kisahnya, mulai dari pihak Trans TV yang menghubungi terlebih dahulu tapi nggak ke angkat karna hp dalam keadaan silent, sampe akhirnya seminggu kemudian dihubungi dengan nomor kantor yang serupa dan ternyata itu dari CNN Indonesia. Pertanyaan pertama yang disampaikan penelfon saat itu adalah memastikan identitas saya sesuai form data diri yang ada di web. Setelah itu ditanya seputar kesibukan saat ini dan diminta untuk datang langsung menemui HRD terkait interview yang lebih intens. Sebelum lanjut lebih jauh, saya akan menjelaskan program yang saya ikuti.

Nama programnya adalah Internship Development Program (IDP). Program ini diselenggarakan oleh pihak Transmedia dengan tujuan untuk memberi kesempatan mahasiswa merasakan sensasi bekerja di balik media pertelevisian. Program ini berlangsung selama 3 bulan dan harus diselesaikan sesuai ketentuan yang ada untuk bisa mendapatkan haknya. Seperti yang kita tau, dimanapun kita bekerja akan ada hak dan kewajiban yang harus dipenuhi satu sama lain.

Buat kalian yang tertarik untuk gabung, kalian bisa cari info magang tersebut melalui berbagai akun magang maupun loker di Instagram.

Sumber: IG @kampusupdate

Setelah menemukan informasinya, akan ada alamat website yang harus kalian kunjungi. Kalian akan diminta untuk membuat akun dan registrasi. Data yang diinput seperti informasi data diri, pengalaman organisasi, nama dan kontak dosen pembimbing, posisi yang diminati, hingga melampirkan CV dan foto. Setelah itu tunggu beberapa hari, jika kalian lolos administrasi, maka kalian akan dihubungi melalui telefon. Setelah ditelfon, kalian akan mendapat pesan singkat terkait waktu, tempat interview, dan dengan siapa harus bertemu.

Saat interview saya bersama Farhan, Resti, Barnez, dan Arul. Sedangkan orang yang interview kami ada Mas S yang menelfon saya dan Mbak F yang baru bertemu di hari itu. Orang pertama yang saya kenal adalah Farhan, pertemuan kita terjadi begitu singkat, tapi sangat berkesan sampe akhirnya kita saling tunjuk ketika interview. Entah kenapa untuk kesekian kalinya, setiap kali saya menunggu giliran interview, saya selalu menyempatkan SKSD dengan orang-orang sekitar hanya untuk sekedar say hay. Namun tanpa disadari hal tersebut justru membawa pengaruh positif. Kita bisa saling support ketika ada pertanyaan yang menjurus untuk memihak. Jadi meskipun perkenalan diawal sangat singkat, kalian harus bisa memberikan kesan baik, karna pertemuan pertama yang akan selalu melekat di hati orang dan itu akan sangat membantu kalian ketika ada interview team.

Pertanyaan interview sendiri seperti pertanyaan pada umumnya, point of viewnya adalah kalian harus paham sama passion dan apa kalian tulis di CV, karna selain ditanya alasan ambil posisi yang kalian minati, kalian juga akan ditanya seputar pengalaman atau apapun yang kalian cantumkan di CV. Setelah interview, kita diberitahukan bahwa pengumuman lolos atau tidaknya akan dihubungi malam itu. Alhamdulillah kami termasuk kloter terakhir, jadi kami nggak perlu degdegan terlalu lama untuk menunggu pengumuman. Rasanya nunggu semalam aja udah nggak karuan, gimana kloter lain yang nunggu berhari-hari, kalian hebat guys!

Alhamdulillah saya pun dinyatakan lolos ketika diundang dalam grup Whatsapp "IDP CNN Batch 5". Penasaran gimana kelanjutan kisahnya? Yuk cuss lanjut ke postingan berikutnya. Saya pamit dulu di postingan ini, keep learn and share. See youuu

Wassalamualaikum Wr. Wb.

3 komentar:

  1. Hallo kak..boleh minta alamat emailnya? saya ingin menanyakan ttg program internship di trans tv. Sebelumnya makasih ka:)

    BalasHapus
  2. Ka apa mahasiswa semester 1 bisa?

    BalasHapus
  3. Mba utami.. saya kan mendaftar internship di cnn dan baru dihubungin via email terkait keberhasilan registrasi..saya bingung apa ada tahapan selanjutnya terkait seleksi atau dgn email tsb sudah dinyatakan lolos ya ?

    BalasHapus