Sabtu, 15 Juni 2013

Asal-usul Hanzi

Assalamualaikum
Selamat datang di blog lama saya yang sudah sedikit bersarang ini.
Saat ini saya akan membahas mengenai asal-usul Hanzi dalam penulisan huruf Mandarin.

Hanzi berkembang dari huruf gambar yang primitif. Proses perubahan dan perkembangannya berlangsung selama ribuan tahun. Pada awalnya, "" (ikan) ditulis dengan sebuah gambar ikan, sedangkan "" (sapi) ditulis degan gambar kepala sapi. Meskipun dapat menuliskan benda-benda yang ada di dunia, jenis huruf ini sangat sulit untuk digunakan. Oleh karena itu, huruf gambar yang rumit dan sukar ditulis itu disederhanakan, bagian yang melambangkan ciri-ciri benda itu dipertahankan, dan bagian yang tidak penting dibuang.

Lalu huruf-huruf ini disederhanakan dan dibakukan lebih lanjut lagi, sehingga menjadi "" (ikan), "" (sapi) dan sebagainya. Akan tetapi, membuat Hanzi dengan hanya menggunakan sistem piktograf masih belum memenuhi kebutuhan untuk mencatat bahasa lisan, maka kemudian diciptakan banyak cara penulisan Hanzi, misalnya huruf bentuk dan suara atau huruf piktofonetik (Xingsheng), huruf berdasarkan pengertian (Huiyi) dan lain-lain.

Gimana? Paham atau bingung? Kalau masih bingung, nantikan postingan berikutnya ya yang akan membahas percakapan awal dalam Bahasa Mandarin. ^_^

Wassalamulaikum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar